Mengenal Sumbu Simetri Rumus dengan Mudah
Kaum Berotak, selamat datang di artikel yang akan membahas tentang sumbu simetri rumus dengan cara yang santai. Sumbu simetri merupakan sebuah garis yang membagi suatu benda menjadi dua bagian yang sama persis. Pada artikel ini, kita akan membahas sumbu simetri pada dua dimensi dan tiga dimensi. Mari kita mulai!
Sumbu Simetri pada Dua Dimensi
Sumbu simetri pada dua dimensi adalah garis yang membagi suatu objek menjadi dua bagian yang sama persis. Sumbu simetri dapat berupa garis horizontal, vertikal, atau diagonal. Kita dapat menentukan sumbu simetri sebuah objek dengan cara melipat objek tersebut di atas garis yang dianggap sebagai sumbu simetri. Jika kedua bagian objek yang terlipat sama persis, maka garis tersebut adalah sumbu simetri dari objek tersebut.Contohnya, sebuah lingkaran memiliki tak hingga sumbu simetri karena lingkaran dapat diputar dalam berbagai sudut dan tetap sama persis. Sedangkan, sebuah segitiga memiliki tiga sumbu simetri yaitu garis yang menghubungkan titik tengah sisi-sisi segitiga.
Sumbu Simetri pada Tiga Dimensi
Sumbu simetri pada tiga dimensi adalah sebuah garis, bidang atau bahkan tiga dimensi yang membagi suatu objek menjadi dua bagian yang sama persis. Kita dapat menentukan sumbu simetri sebuah objek dengan cara yang sama seperti pada dua dimensi yaitu dengan cara melipat objek tersebut di atas garis, bidang atau tiga dimensi yang dianggap sebagai sumbu simetri.Contohnya, sebuah bola memiliki tak hingga sumbu simetri karena bola dapat diputar dalam berbagai sudut dan tetap sama persis. Sedangkan, sebuah kubus memiliki sembilan sumbu simetri yaitu tiga sumbu simetri yang sejajar dengan rusuk, tiga sumbu simetri yang menghubungkan titik tengah sisi-sisi, dan tiga sumbu simetri yang menghubungkan diagonal-diagonal.
Sumbu Simetri Rumus
Dalam matematika, kita dapat menentukan sumbu simetri sebuah grafik fungsi dengan menggunakan rumus. Sumbu simetri pada grafik fungsi adalah garis vertikal yang membagi grafik menjadi dua bagian yang simetris terhadap garis tersebut.Rumus sumbu simetri grafik fungsi y = f(x) adalah x = -b/2a. Dimana a dan b adalah koefisien dalam persamaan kuadratik y = ax^2 + bx + c. Rumus ini didapatkan dengan menyelesaikan persamaan y = f(x) menjadi bentuk lengkap, kemudian mencari titik maksimum atau minimum pada grafik dengan menggunakan turunan, dan akhirnya menentukan sumbu simetri grafik pada titik maksimum atau minimum tersebut.
Contoh Soal
Misalkan kita memiliki grafik fungsi y = 2x^2 + 4x – 3. Untuk menentukan sumbu simetri grafik, kita harus mencari nilai x pada titik maksimum atau minimum grafik tersebut. Pertama, kita selesaikan persamaan y = 2x^2 + 4x – 3 menjadi bentuk lengkap.y = 2x^2 + 4x – 3y = 2(x^2 + 2x) – 3y = 2(x^2 + 2x + 1) – 2 – 3y = 2(x + 1)^2 – 5Kita dapat melihat bahwa grafik fungsi tersebut memiliki titik maksimum pada x = -1. Oleh karena itu, sumbu simetri grafik tersebut adalah x = -b/2a = -4/4 = -1.
Kesimpulan
Sumbu simetri adalah garis, bidang atau tiga dimensi yang membagi suatu objek menjadi dua bagian yang sama persis. Sumbu simetri dapat ditemukan pada dua dimensi dan tiga dimensi. Dalam matematika, kita dapat menentukan sumbu simetri sebuah grafik fungsi dengan menggunakan rumus. Rumus sumbu simetri grafik fungsi y = f(x) adalah x = -b/2a. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!